Masjid Merapi


Lokasi                         : Kab. Sleman, D.I Yogyakarta

Lingkup Pekerjaan      : Pembangunan Masjid, Pelatihan Membangun Mental, Pelatihan Produksi Batako

Pemilik                        : Baitulmaal Muamalat

Legalisasi                    : PT. Urbane Indonesia

Desain                         : PT. Urbane Indonesia, Ridwan Kamil sebagai pemimpin tim arsitek

Pelaksana                    : Tim PT. Csrhub Indonesia 2011

 

Pembangunan Masjid

Masjid Baiturrahim atau yang dikenal sebagai Masjid Merapi adalah sebuah produk karya inspiratif yang menggabungkan konsep triple bottom lines dalam CSR yaitu kolaborasi People, Pro‑t and Planet.

Masjid Merapi bagian dar kegiatan CSR yang disponsori oleh Baitulmaam Muamalat yang mana kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga hal :

– Pelatihan Membangun Mental

– Pelatihan Produksi Batako

– Pembangunan Masjid

Masjid ini di desain oleh konsultan arsitek Urbane Indonesia dimana Ridwan Kamil sebagai pemimpin dari tim arsiteknya juga disponsori oleh dana CSR Baitulmaal Muamalat pada Tahun 2011. Adapun tim  pendiri Csrhub Indonesia berperan secara khusus sebagai pelaksana di lapangan untuk melaksanakan konstruksi, memfasilitasi kegiatan Pelatihan Membangun Mental dan Kegiatan Pelatihan Produksi Batako.

Komoditas utama dalam membangun Masjid Merapi adalah batako yang diproduksi oleh warga di sekitar merapi. Warga dilatih membuat batako dan hasil batako tersebut digunakan untuk membangun masjid. Sehingga pemberdayaan ekonomi terpenuhi dan manfaat fasilitas masjid pun didapat.

Proyek sosial ini membuktikan bahwa bencana bisa secara kreatif diubah menjadi fungsi bangunan yang berguna.

Pelatihan Membangun Mental

Pelatihan Membangun Mental yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam program pembangunan Masjid Merapi. Pelatihan Mental Building untuk masyarakat di wilayah Merapi ini bermaksud untuk menumbuhkan kembali semangat bekerja dan memberdayakan kegiatan ekonomi pasca bencana merapi bagi masyarakat sekitar.

Dalam program ini, kami berkolaborasi dengan dengan konsultan pelatihan grak system. Program ini bertujuan untuk memberikan keyakinan mental pada warga bahwa setiap bencana akan menghasilkan hikmah tersendiri. Bencana merupakan bagian dari rencana Tuhan untuk melatih kita agar senantiasa produktif dan kreatif dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

Kami percaya dan yakin bahwa apabila kita senantiasa bersyukur dan berpikir positif untuk tetap melangkah ke depan maka kreativitas, inspirasi, dan inovasi akan tercipta untuk kehidupan yang lebih baik.

Pelatihan Produksi Batako

Pelatihan Produksi Batako adalah bagian dari rangkaian kegiatan csr yang dilaksanakan pasca erupsi Gunung Merapi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga sekitar merapi bahwa pasir yang dihasilkan dari erupsi merapi ini dapat dimanfaatkan untuk produksi batako dengan kualitas yang baik. Kami sendiri terlibat sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pelatihan ini.

Batako Merapi ini memiliki desain kreatif dan dibuat dengan menggunakan campuran pasir merapi serta semen yang baik sehingga menghasilkan batako yang kokoh dan kuat. Gambar yang diambil ini adalah batako hasil karya warga yang digunakan untuk membangun Masjid Merapi.

Harapannya ke depan, warga dapat memanfaatkan pasir karunia Tuhan ini untuk diproduksi dan dijual dengan baik menjadi sebuah konsep pemberdayaan ekonomi.